HUBUNGAN PERGAULAN DAN PENDIDIKAN

Manusia adalah mahluk sosial. Artinya manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia harus melakukan kerjasama dengan manusia lainnya untuk menjalani kehidupannya. Selain itu manusia juga memiliki kebutuhan untuk dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika manusia tidak melakukan komunikasi dengan manusia lainnya. Hidupnya akan merasa sepi dan hampa. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan berinteraksi dengan manusia lainnya.

Pemenuhan kebutuhan ini selanjutnya kita sebut sebagai pergaulan.
Ada beberapa jenis pergaulan yang dilakukan oleh manusia. Berdasarkan pelakunya pergaulan dapat dikategorikan sebagai berikut,
1. pergaulan orang dewasa dengan orang dewasa,
2. pergaulan orang dewasa dengan anak – anak,
3. pergaulan orang anak – anak dengan anak – anak.
Seperti telah kita bahas sebelumnya bahwa komunikasi atau interaksi adalah sebuah kebutuhan bagi manusia. Ternyata manfaat pergaulan tidak hanya untuk mengisi “kekeringan” yang akan terjadi pada diri manusia. Ternyata pergaulan pun dapat bermanfaat bagi proses pendidikan.
Namun walau demikian tidak semua pergaulan dapat dikatakan sebagai pendidikan. Pergaulan dapat kita bedakan menjadi dua kategori yaitu pergaulan biasa dan pergaulan pendidikan.
Pergaulan biasa adalah pergaulan yang biasa terjadi sehari – hari. Misalnya ketika anak – anak bermain tebak – tebakan, ibu – ibu yang sedang berbincang – bincang, atau bahkan tawar menawar yang terjadi di pasar.
Sementara pergaulan pendidikan adalah pergaulan yang didalamnya terjadi proses pendidikan. Misalnya pergaulan guru dan siswa ketika pelajaran matematika atau pergaulan antara seniman dan seorang anak ketika privat kesenian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s